MENCAPAI KEIMANAN DENGAN LOGIKA
Keimanan adalah keyakinan, yang dalam Islam wajib dicapai dengan penuh
kesadaran dan pengertian, karena hanya dengan inilah kesetiaan tunggal pada
Islam (tauhid) bisa diharapkan, seperti halnya seorang fisikawan yang telah
yakin akan keakuratan instrumennya, sehingga ia pun segera berbuat sesuatu,
begitu instrumen itu mengabarkan existensi radiasi atom yang tidak pernah
bisa dideteksi oleh indera fisikawan itu sendiri.
FITRAH MANUSIA
Sejak adanya manusia, manusia memiliki berbagai ciri-ciri (fitrah) yang
membedakannya dari mahluk lain. Manusia memiliki intuisi untuk memilih dan
tidak mau menyerah pada hukum-hukum alam begitu saja. Manusia bisa
mengerjakan sesuatu yang berlawanan dengan nalurinya, misal makan meski
sudah kenyang (karena menghormati tuan rumah), atau tidak melawan meski
disakiti (karena menjaga perasaan orang). Hal ini tidak ada pada binatang.
Seekor kucing yang sudah kenyang tak mau lagi mencicipi makanan yang enak
sekalipun.
Manusia memiliki kemampuan mewariskan kepada manusia lain (atau
keturunannya) hal-hal baru yang telah dipelajarinya. Inilah asal peradaban
manusia. Hal ini tidak terdapat pada binatang. Seekor kera yang terlatih
main musik dalam circus tidak akan mampu melatih kera lainnya. Seekor kera
hanya bisa melatih seekor anak kera pada hal-hal yang memang nalurinya
(memanjat, mencari buah).
Kesamaan manusia dengan binatang hanya pada kebutuhan eksistensialnya
(makan, minum, istirahat dan melanjutkan keturunan).
MANUSIA MENCARI HAKEKAT HIDUPNYA
Manusia yang telah terpenuhi kebutuhan eksistensialnya akan mulai
mempertanyakan, untuk apa sebenarnya hidup itu. Hal ini karena manusia
memiliki kebebasan memilih, mau hidup atau mati. Karena faktor non
naluriahnya, manusia bisa putus asa dan bunuh diri, sementara tidak ada
binatang yang bunuh diri kecuali hal itu dilakukannya dalam rangka
mempertahankan eksistensinya juga (pada lebah misalnya).
Pertanyaan tentang hakekat hidup ini yang memberi warna pada kehidupan
manusia, yang tercermin dalam kebudayaan, yang digunakannya untuk mencapai
kepuasan ruhaninya.
MANUSIA MEMBUTUHKAN TUHAN
Dalam kondisi gawat yang mengancam eksistensinya (misalnya terhempas ombak
di tengah samudra, sementara pertolongan hampir mustahil diharapkan),
fitrah manusia akan menyuruh untuk mengharapkan suatu keajaiban.
Demikian juga ketika seseorang sedang dihadapkan pada persoalan yang sulit,
sementara pendapat dari manusia lainnya berbeda-beda, ia akan mengharapkan
petunjuk yang jelas yang bisa dipegangnya. Bila manusia tersebut menemukan
seseorang yang bisa dipercayainya, maka dalam kondisi dilematis ini ia
cenderung merujuk pada tokoh idolanya itu.
Dalam kondisi seperti ini, setiap manusia cenderung mencari "sesembahan".
Mungkin pada kasus pertama, sesembahan itu berupa dewa laut atau sebuah
jimat pusaka. Pada kasus kedua, "sesembahan" itu bisa berupa raja
(pepunden), bisa juga berupa tokoh filsafat, pemimpin revolusi bahkan
seorang dukun yang sakti.
TANDA-TANDA EKSISTENSI TUHAN
Di luar masalah di atas, perhatian manusia terhadap alam sekitarnya
membuatnya bertanya, "Mengapa bumi dan langit bisa sehebat ini, bagaimana
jaring-jaring kehidupan (ekologi) bisa secermat ini, apa yang membuat
semilyar atom bisa berinteraksi dengan harmoni, dan dari mana hukum-hukum
alam bisa seteratur ini".
Pada masa lalu, keterbatasan pengetahuan manusia sering membuat mereka
cepat lari pada "sesembahan" mereka setiap ada fenomena yang tak bisa
mereka mengerti (misal petir, gerhana matahari). Kemajuan ilmu pengetahuan
alam kemudian mampu mengungkap cara kerja alam, namun tetap tidak mampu
memberikan jawaban, mengapa semua bisa terjadi.
Ilmu alam yang pokok penyelidikannya materi, tak mampu mendapatkan jawaban
itu pada alam, karena keteraturan tadi tidak melekat pada materi. Contoh
yang jelas ada pada peristiwa kematian. Meski beberapa saat setelah
kematian, materi pada jasad tersebut praktis belum berubah, tapi
keteraturan yang membuat jasad tersebut bertahan, telah punah, sehingga
jasad itu mulai membusuk.
Bila di masa lalu, orang mengembalikan setiap fenomena alam pada suatu
"sesembahan" (petir pada dewa petir, matahari pada dewa matahari), maka
seiring dengan kemajuannya, sampailah manusia pada suatu fikiran, bahwa
pasti ada "sesuatu" yang di belakang itu semua, "sesuatu" yang di belakang
dewa petir, dewa laut atau dewa matahari, "sesuatu" yang di belakang semua
hukum alam.
"Sesuatu" itu, bila memiliki sifat-sifat ini:
1. Maha Kuasa
2. Tidak tergantung pada yang lain
3. Tak dibatasi ruang dan waktu
4. Memiliki keinginan yang absolut
maka dia adalah Tuhan, dan berdasarkan sifat-sifat tersebut tidak mungkin
zat tersebut lebih dari satu, karena dengan demikian berarti satu sifat
akan tereliminasi karena bertentangan dengan sifat yang lain.
TUHAN BERKOMUNIKASI VIA UTUSAN
Kemampuan berfikir manusia tidak mungkin mencapai zat Tuhan. Manusia hanya
memiliki waktu hidup yang terhingga. Jumlah materi di alam ini juga
terhingga. Dan karena jumlah kemungkinannya juga terhingga, maka manusia
hanya memiliki kemampuan berfikir yang terhingga. Sedangkan zat Tuhan
adalah tak terhingga (infinity). Karena itu, manusia hanya mungkin
memikirkan sedikit dari "jejak-jejak" eksistensi Tuhan di alam ini. Adalah
percuma, memikirkan sesuatu yang di luar "perspektif" kita.
Karena itu, bila tidak Tuhan sendiri yang menyatakan atau "memperkenalkan"
diri-Nya pada manusia, mustahil manusia itu bisa mengenal Tuhannya dengan
benar. Ada manusia yang "disapa" Tuhan untuk dirinya sendiri, namun ada
juga yang untuk dikirim kepada manusia-manusia lain. Hal ini karena
kebanyakan manusia memang tidak siap untuk "disapa" oleh Tuhan.
UTUSAN TUHAN DIBEKALI TANDA-TANDA
Tuhan mengirim kepada manusia utusan yang dilengkapi dengan tanda-tanda
yang cuma bisa berasal dari Tuhan. Dari tanda-tanda itulah manusia bisa
tahu bahwa utusan tadi memang bisa dipercaya untuk menyampaikan hal-hal
yang sebelumnya tidak mungkin diketahuinya dari sekedar mengamati alam
semesta. Karena itu perhatian yang akan kita curahkan adalah menguji,
apakah tanda-tanda utusan tadi memang autentik (asli) atau tidak.
Pengujian autentitas inilah yang sangat penting sebelum kita bisa
mempercayai hal-hal yang nantinya hanyalah konsekuensi logis saja. Ibarat
seorang ahli listrik yang tugas ke lapangan, tentunya ia telah menguji
avometernya, dan ia telah yakin, bahwa avometer itu bekerja dengan benar
pada laboratorium ujinya, sehingga bila di lapangan ia dapatkan hasil ukur
yang sepintas tidak bisa dijelaskanpun, dia harus percaya alat itu. Seorang
fisikawan adalah seorang manusia biasa, yang dengan matanya tak mungkin
melihat atom. Tapi bila ia yakin pada instrumentasinya, maka ia harus
menerima apa adanya, bila instrumen tersebut mengabarkan jumlah radiasi
yang melebihi batas, sehingga misalnya reaktor nuklirnya harus segera
dimatikan dulu.
Karena yakin akan autentitas peralatannya, seorang astronom percaya adanya
galaksi, tanpa perlu terbang ke ruang angkasa, seorang geolog percaya
adanya minyak di kedalaman 2000 meter, tanpa harus masuk sendiri ke dalam
bumi, dan seorang biolog percaya adanya dinosaurus, tanpa harus pergi ke
zaman purba.
Keyakinan pada autentitas inilah yang disebut "iman". Sebenarnya tak ada
bedanya, antara "iman" pada autentitas tanda-tanda utusan Tuhan, dengan
"iman"-nya seorang fisikawan pada instrumennya. Semuanya bisa diuji. Karena
bila di dunia fisika ada alat yang bekerjanya tidak stabil sehingga tidak
bisa dipercaya, ada pula orang yang mengaku utusan Tuhan tapi tanda-tanda
yang dibawanya tidak kuat, sehingga tidak pula bisa dipercaya.
MENGUJI AUTENTITAS TANDA-TANDA DARI TUHAN
Tanda-tanda dari Tuhan itu hanya autentis bila menunjukkan keunggulan
absolut, yang hanya dimungkinkan oleh kehendak penciptanya (yaitu Tuhan
sendiri). Sesuai dengan zamannya, keunggulan tadi tidak tertandingi oleh
peradaban yang ada. Dan orang pembawa keunggulan itu tidak mengakui hal itu
sebagai keahliannya, namun mengatakan bahwa itu dari Tuhan !!!
Pada zaman Nabi Musa, ketika ilmu sihir sedang jaya-jayanya, Nabi Musa yang
diberi keunggulan mengalahkan semua ahli sihir, justru mengatakan bahwa ia
tidak belajar sihir, namun semuanya itu hanya karena ijin Tuhan semata.
Demikian juga Nabi Isa, yang menyembuhkan penyakit yang tidak bisa
disembuhkan, meski masyarakatnya merupakan yang termaju dalam ilmu
pengobatan pada masanya. Toh Nabi Isa hanya mengatakan semua itu karena
kekuasaan Tuhan semata, dan ia bukan seorang tabib.
Dan Nabi Muhammad? Tanda-tanda beliau sebagai utusan yang utama adalah
Al-Quran. Pada saat itu Mekkah merupakan pusat kesusasteraan Arab, tempat
para sastrawan top mengadu kebolehannya. Dan meski pada saat itu semua
orang takjub pada keindahan ayat-ayat Al-Quran yang jauh mengungguli semua
puisi dan prosa yang pernah ada, Nabi Muhammad hanya mengatakan, ayat itu
bukan bikinannya, tapi datangnya dari Allah.
Itu 14 abad yang lalu. Pada masa kini, ketika ilmu alam berkembang pesat,
terbukti pula, bahwa kitab Al-Quran begitu teliti. Tidak ada ayat yang
saling bertentangan satu sama lain. Dan tak ada pula ayat Al-Quran yang
tidak sesuai dengan fakta-fakta ilmu alam.
Di sisi lain, fenomena pembawa ajaran itu juga menunjukkan sisi
autentitasnya. Meski mereka:
* orang biasa yang tidak memiliki kekuatan dan kekuasaan, juga tidak
join dengan penguasa atau yang bisa menjamin kesuksesannya;
* menyebarkan ajaran yang melawan arus, bertentangan dengan tradisi yang
lazim di masyarakatnya;
mereka berhasil dengan ajarannya, dan keberhasilan ini sudah diramalkan
lebih dulu pula, dan semua itu dikatakannya karena Tuhanlah yang
menolongnya.
KONSEKWENSI SETELAH MEYAKINI AUTENTITAS TANDA-TANDA KENABIAN MUHAMMAD
Setelah kita menguji autentitas tanda-tanda kenabian Muhammad dengan
menggunakan segala piranti logika yang kita miliki, dan kita yakin bahwa
itu asli berasal dari Tuhan, maka kita harus menerima apa adanya yang
disebutkan oleh kitab Al-Quran maupun oleh hadits yang memang teruji
autentis berasal dari Muhammad.
Dan ajaran Nabi Muhammad saw ini adalah satu-satunya ajaran autentis dari
Allah, yang diturunkan kepada penutup para utusan, tidak tertuju ke satu
bangsa saja, tapi ke seluruh umat manusia, sampai akhir zaman.
0 komentar:
Posting Komentar